Tips Membeli Alat Penghemat Listrik

Ingin heamt listrik dengan alat penghemat? Bagaimanakah tips membeli alat penghemat listrik?
Perangkat penghemat listrik belakangan ini cukup populer di kalangan masyarakat karena klaim kegunaan alat yang dianggap mampu menghemat listrik hingga 30%.
Oleh beberapa kalangan masyarakat alat penghemat listrik ini digunakan untuk menjalankan beberapa fungsi seperti:


Tips Membeli Alat Penghemat Listrik


  • Peningkatan efisiensi jaringan listrik rumah ataupun kantor dengan optimalisasi daya listrik yang umumnya dipasang secara paralel sekitar 90%.
  • Ketika area konsumen yang memasang alat sering mengalami mati listrik, keberadaan penghemat listrik dapat memperpanjang usia alat elektronik dan mencegah konsleting.
  • Menjaga arus listrik dalam rumah selama 24 jam, ketika harus ditinggal oleh sang pemilik, karena kinerjanya yang dapat dinyalakan 24 jam.
  • Berperan sebagai alat “soft start” pada tarikan awal alat rumah tangga atau kantor yang memiliki beban induktif, sehingga kejutan listrik yang terjadi tidak akan membuat perangkat konslet atau rusak. 
  • Menstabilkan arus perangkat elektronik yang kebanyakan boros daya seperti AC, kulkas, setrika, dan sebagainya.

Setelah Anda mengetahui beberapa kegunaan dari alat penghemat listrik tersebut, ketika Anda ingin membelinya perhatikan beberapa hal berikut agar Anda tidak merasa kecewa atau rugi setelah membeli.

Lokasi pembelian


Sebelum Anda memilih alat penghemat daya yang cocok untuk rumah ataupun kantor, akan lebih baik jika Anda mengumpulkan informasi terlebih dahulu dengan bertanya pada teman atau membuka website. Setelah mendapat informasi yang lengkap, pilih lokasi pembelian yang sekiranya dapat Anda percaya. Jika Anda membeli melalui website, periksa konten website apakah gambar dan keterangan alat yang dipasang didalamnya sudah sepadan. Jika Anda ingin belanja melalui website, ada baiknya Anda melihat alamat website dan jika lokasinya berdekatan dengan tempat Anda akan lebih baik jika Anda membeli langsung di toko yang bersangkutan agar bisa berkonsultasi langsung tentang cara pemasangan.

Harga alat


Pada saat Anda berniat membeli alat penghemat listrik, tanyakan harga alat dan dalam hal ini, jangan mudah tergiur saat harga barang yang ditawarkan terlalu murah. Perhatikan kualitas dan asal barang untuk menentukan apakah harga yang ditawarkan sekiranya sepadan dengan kebutuhan Anda.

Cara transaksi 


Ketika Anda membeli alat penghemat listrik, membeli produk secara langsung di toko alat listrik mungkin akan lebih menguntungkan. Namun jika alat yang Anda cari hanya dijual secara online, cobalah tanyakan pada pihak penjual bagaimana cara transaksi yang dilayani. Terutama tentang metode pembayaran maupun garansi.

Terkait dengan sistem garansi, Anda juga harus menanyakan berapa lama garansi alat yang Anda beli, termasuk garansi tambahan jika pada saat pengiriman alat yang dipesan tidak sengaja rusak. Tanyakan pada pihak penjual, berapa lama alat akan sampai ketempat Anda setelah pembayaran dilakukan dan resi untuk pengecekan.

Dengan demikian, Anda tidak akan merasa tertipu atau kecewa di kemudian hari.

Cara pemasangan

Ketika Anda ingin listrik yang ada di rumah ataupun di kantor dapat dihemat dengan pembelian alat tertentu, Anda juga harus tahu bagaimana cara penggunaan alat yang benar agar alat yang dipasang dapat berdaya guna sebagaimana mestinya.

Secara umum alat penghemat daya biasanya dipasang didekat PHB sekring dan hanya menggunakan satu kabel kontak untuk menancapkan kabel penghemat daya.

Setelah terpasang dengan benar, Anda dapat mengatur alat untuk disesuaikan dengan daya total bangunan mulai dari 450VA keatas. Semoga dengan bahasan diatas, Anda dapat lebih memahami tentang perangkat penghemat listrik.

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR