Cara Hemat Listrik Industri

Penghematan penggunaan enegri listrik industri? Bagaimana caranya? Inilah cara hemat listrik industri. Perhatikan hal-hal berikut sebelum menerapkan hemat listrik industri.

Hemat listrik industri tentunya akan sangat membantu bagi para pengusaha di bidang industri. Selain menghemat pengeluaran biaya listrik, penghematan listrik juga akan berpengaruh pada tingkat kenaikan produksi barang. Namun terkadang karena berbagai pertimbangan tetap ada alat-alat dalam sebuah industri yang tidak dapat dimatikan dan hanya diberi alat penghemat daya untuk tetap meningkatkan proses produksi.


Cara Hemat Listrik Industri

Cara Hemat Listrik Industri


Oleh karena itu, dalam upaya penghematan listrik dunia industri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

Tipe Industri


Ketika sebuah industri ingin melakukan penghematan listrik, hal pertama yang perlu dilihat adalah jenis industri yang dijalankan. Untuk industri kecil seperti pengolahan pupuk atau biogas, alat listrik yang digunakan mungkin bisa diganti dengan alat manual yang lebih ramah lingkungan.

Namun untuk industri besar seperti industri pengolahan gula atau industri pengolahan logam, umumnya tetap ada alat yang harus dinyalakan dalam waktu 24 jam, sehingga untuk mengatasi terjadinya konsleting atau hubungan arus pendek yang menyebabkan kebakaran, akan lebih baik jika didekat alat PCB dipasang alat penstabil daya.

Sehingga selain hemat daya, pada saat terjadi mati listrik, industri yang bersangkutan juga tidak sering mengalami kerugian karena proses produksi yang terhenti sementara.

Jumlah alat listrik 


Ketika Anda memiliki sebuah industri yang ingin melakukan penghematan listrik baik industri skala sedang ataupun besar, perhatikan jumlah alat listrik yang Anda miliki. Anda bisa meminta bantuan seluruh pegawai Anda untuk memilah alat yang bisa langsung dimatikan saat tidak digunakan dan memasang penstabil tegangan pada alat yang harus menyala 24 jam. Terkait industri tertentu, jika memang memungkinkan sebaiknya Anda menggunakan alat listrik yang lebih baru dan ramah lingkungan.

Sebagai contoh jika Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan es krim, Anda bisa mengkalkulasikan jumlah alat yang Anda miliki sebelum mulai menghemat listrik dan setelah itu, jika memungkinkan Anda dapat mengganti alat-alat pengolah es krim boros listrik dengan alat lain yang memiliki kapasitas besar namun berdaya kecil.

Ruangan 


Anda pasti pernah mendengar industri pengolahan produk tertentu yang bercampur dengan kantor administrasinya. Dalam hal ini, jika Anda ingin menghemat listrik, Anda dapat memasang penstabil tegangan dan alat penghemat listrik di masing-masing pcb yang umumnya akan dipisahkan antara kantor dengan area produksi.

Dalam ruangan pabrik, Anda dapat mendata alat elektronik apa saja yang terdapat didalamnya dan sebisa mungkin melepas alat dari stop kontak segera setelah tidak digunakan. Jika dalam ruangan tertentu di pabrik atau area industri terdapat AC, akan lebih baik Anda menyalakan AC hanya selama 1-2 jam dengan suhu minimal 220C, setelah 2 jam pemakaian, AC bisa dimatikan dan ruangan tetap ditutup agar ruangan tetap terasa dingin.

Sistem kelistrikan industri 


Ketika ingin melakukan penghematan listrik, salah satu hal yang harus diketahui oleh pemilik industri adalah sistem kelistrikan atau jalur listrik yang ada dalam gedung pabrik. Pengetahuan akan sistem kelistrikan yang ada akan membantu Anda untuk menentukan cara yang tepat dalam menghemat listrik.

Dengan demikian, Anda tahu alat-alat apa yang bisa dihemat dan yang tidak. Pengetahuan tentang sistem kelistrikan, terlebih ketika Anda membeli gedung dalam bentuk gedung jadi juga akan meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan seperti konsleting listrik atau kebakaran.

Dengan melakukan pertimbangan akan hal-hal diatas, metode hemat listrik industri yang dijalankan akan berlangsung lancar. Demikianlah beberapa cara hemat listrik industri.


Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR