Bagaimana Cara Hemat Listrik Kantor?

Adakah tips dan triknya tentang bagaimana cara cemat listrik kantor? Hemat listrik kantor dapat dilakukan dengan berbagai metode jika dilihat dari alat-alat yang umumnya terdapat didalam kantor seperti berikut.

Bagaimana Cara Hemat Listrik Kantor

Dispenser

Kebanyakan kantor memiliki dispenser untuk memenuhi kebutuhan para pegawainya akan air minum yang higienis. Namun jika kantor tempat Anda bekerja ingin menghemat pengeluaran terkait listrik, akan lebih baik jika dispenser yang digunakan hanya dispenser biasa tanpa listrik karena hal tersebut secara tidak langsung akan mengurangi penggunaan listrik saat memanaskan air dengan dispenser. Sebagai gantinya jika Anda ingin air panas, Anda bisa menggunakan kompor atau alat lain yang biasanya tersedia di dapur kantor.

Bagaimana Cara Hemat Listrik Kantor

Coffe maker dan pemanas listrik

Ada beberapa kantor yang didalam pantry umumnya menyediakan fasilitas coffe maker dan pemanas listrik. Jika kantor Anda termasuk kantor yang memiliki alat yang sama, akan lebih baik jika Anda menggunakan alat tersebut untuk membuat beberapa cangkir kopi sekaligus dan segera dimatikan setelah tidak digunakan. Jika tidak, sebelum membelinya, sarankan pada bagian pembelian alat kantor untuk membeli perangkat yang berdaya rendah.

Komputer

Hampir semua kantor umumnya menggunakan komputer untuk melancarkan pekerjaan setiap pegawainya. Namun jika memang memungkinkan, jumlah komputer PC di kantor dibatasi dan diganti dengan menggunakan laptop atau tablet karena penggunaannya jelas lebih hemat biaya listrik bulanan. Jika tidak, Anda dapat menggunakan ups serta alat penstabil daya pada komputer, sehingga pada saat pertama dinyalakan daya yang diserap komputer tidak terlalu besar.

Penerangan

Sebuah kantor tetap memerlukan penerangan untuk menunjang segala aktivitas yang berlangsung didalamnya. Oleh karena itu, terkait penghematan listrik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

1. Mengecat ruangan dengan menggunakan warna terang seperti kuning, oranye, dan biru muda yang lebih menyerap cahaya.

2. Memberikan epoxy pada lantai sehingga kilapan cahaya lampu yang terserap akan memberikan penerangan yang cukup berguna di siang hari.

3. Memasang lampu hemat energi seperti lampu TL untuk ruangan kantor yang benar-benar tertutup sehingga para pegawai yang ada di kantor pun tidak merasa kegerahan karena panas yang dihasilkan lampu cukup ramah lingkungan.

4. Memilih gedung perkantoran yang memiliki jendela dan ventilasi cukup untuk pencahayaan di siang hari.

AC

Sebuah kantor hampir tidak dapat dipisahkan dari alat pendingin ruangan yang satu ini, jika Anda sebagai pemilik kantor ingin menghemat listrik melalui pemakaian AC atau pendingin ruangan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan seperti:

1. Memberi tanaman peneduh dalam pot besar yang diletakkan di bagian pinggir ruang kantor seperti sansievera, lavender, dan lainnya. Dengan pemberian tanaman peneduh yang pas, selain Anda mendapat udara yang lebih segar, pemakaian AC juga dapat dikurangi.

2. Memasang AC yang memiliki daya rendah, seperti AC inverter dengan daya ½ pk yang biasanya mampu menghemat daya listrik hingga 60%.

3. Membuka jendela atau ventilasi di siang hari jika memungkinkan sekitar 30 menit. Selain dapat membantu sirkulasi udara yang ada didalam ruangan, keberadaan ventilasi juga mengurangi efek penggunaan AC.

4. Pemasangan glasswoll atau pelindung kaca yang dapat digunakan untuk menyerap panas berlebih, sehingga ketika ruangan menjadi lebih dingin secara tidak langsung Anda tidak perlu menyalakan AC untuk menemani aktivitas.

Dengan menerapkan langkah penghematan pada alat-alat diatas, secara tidak langsung metode hemat listrik kantor yang digunakan akan memberi hasil yang efektif. Demikianlah tips trik dan langkah-langkah bagaimana cara hemat listrik kantor.


Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR