Tips Menghemat Listrik di Rumah

Tagihan listrik rumah Anda terus membengkak setiap bulannya? Jika iya, mulai dari sekarang Anda harus menerapkan kebiasaan yang dapat menghemat energi listrik. Inilah Tips Menghemat Listrik di Rumah.

Selain mengatasi tagihan listrik yang membengkak, dengan menerapkan kebiasaan penghematan listrik Anda semua juga dapat berperan dalam kelestarian lingkungan. Hal ini karena kebanyakan pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar fosil, yang hasil pembakarannya menjadi penyumbang terbesar penyebab pemanasan global.

Tips Menghemat Listrik di Rumah


Yuk atasi tagihan listrik yang membengkak sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut.

1. Gunakan Lampu Hemat Energi

Salah satu cara untuk melakukan penghematan listrik adalah dengan menggunakan bola lampu dengan menggunakan watt yang kecil namun cahaya yang dikeluarkan tetap terang, seperti lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu LED dapat menghemat energy hingga 80-90% dari lampu lainnya.
og_image_ledlamp_1200x630px

2. Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Jika Anda bisa melakukan suatu pekerjaan secara manual, lakukanlah sendiri tanpa menggunakan alat yang membutuhkan energi listrik. Misalnya ketika Anda ingin menghaluskan bumbu dapur, haluskanlah secara manual dengan menggunakan ulekan, tanpa menggunakan blender.

3. Matikan Alat yang Tidak Diperlukan

Jika tidak ingin tagihan listrik Anda terus membengkak, mulai dari sekarang Anda harus menerapkan kebiasaan untuk menggunakan alat listrik seperlunya. Pastikan Anda mematikan alat listrik yang tidak Anda perlukan. Misalnya ketika Anda sedang fokus membaca buku dengan keadaan televisi yang menyala, matikan televisi tersebut.

4. Cabut Stop Kontak

Sebagian dari Anda mungkin beranggapan bahwa ketika alat elektronik dalam keadaan mati namun tetap terhubung dengan sumber listrik, alat tersebut tidak akan menyerap energi listrik. Akan tetapi pada kenyataannya, alat elektronik terus menyerap energi listrik jika stop kontak masih terhubung dengan sumber listrik. Maka dari itu, sebaiknya Anda mencabut stop kontak alat elektronik saat Anda tidak menggunakannya.

5. Tanam Pohon di Lingkungan Rumah

Dengan menanam pohon di sekitar rumah, akan membuat suasana di rumah Anda menjadi lebih sejuk. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghidupkan alat listrik seperti AC ataupun kipas angin untuk menjadi mendapatkan suasana yang sejuk.

6. Gunakan Pencahayaan Alami saat Siang Hari

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah dengan cara menggunakan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan di rumah Anda pada siang hari. Bukalah pintu dan jendela rumah agar cahaya dapat dengan mudah masuk ke ruangan rumah Anda, atau Anda dapat menggunakan jendela yang terbuat dari kaca. Dengan begitu, Anda tidak perlu menyalakan lampu untuk penerangan di siang hari.
Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan di atas, dijamin Anda enggak akan pernah lagi menjumpai tagihan listrik bulanan yang membengkak, dan pastinya Anda sudah ikut berperan dalam aksi pelestarian lingkungan. Jangan lupa terapkan kebiasaan-kebiasaan di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda :D
Selain dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang hemat energi, Anda juga dapat melakukan penghematan listrik dengan menggunakan alat penghemat listrik yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

Sumber: https://blog.tokopedia.com/2014/04/tips-menghemat-listrik-di-rumah/

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR