Cara Tepat Penghematan Listrik

Per 1 Januari 2015 tarif tagihan Listrik bakal Naik. Ayo perhemat penggunaannya.  Berikut ini cara dan tips Menghemat Pemaakaian Listrik. Inilah Cara Tepat Penghematan Listrik.

Konon yang mau turun daya dari 1300w ke 900w tidak akan bisa selama tagihan masih tinggi atau pemakaian masih melebihi daya yang akan Anda turunkan


Tips untuk pengguna listrik prabayar, sebaiknya Anda perhatikan berapa KWh yang didapat setiap beli voucher, misalnya beli 100k dapat 150 Kwh lalu Anda cobalah perhatikan berapa Kwh Anda dapat pada pembelian vocer sebelumnya dan yang akan datang. jika Anda dapat kurang dari biasanya berarti listrik Anda sudah naik.

Cara Tepat Penghematan Listrik


Pemerintah melalui Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 30 Tahun 2012 telah menetapkan penyesuaian Tarif Tenaga Listrik 2013 yang akan dilaksanakan secara bertahap per tiga bulan, artinya ada empat kali penyesuaian tarif listrik selama tahun 2013.

Tarif Tenaga Listrik (TTL) 2013 berlaku mulai tanggal 1 Januari 2013. Dengan demikian pemakaian listrik per tanggal 1 Januari 2013 sudah menggunakan perhitungan tarif tenaga listrik yang baru menggantikan Tarif Tenaga Listrik 2010. Perubahan besaran tagihan akan dirasakan pada tagihan rekening Februari 2013 yang menagih pemakaian yang dicatat pada Januari 2013.

Bagi pelanggan prabayar, pembelian token listrik isi ulang per 1 Januari 2013 sudah mengalami penyesuaian dengan Tarif Tenaga Listrik 2013. Tidak semua pelanggan yang mengalami kenaikan tarif listrik. Pelanggan 450 VA dan 900 VA dari seluruh golongan tarif tidak mengalami kenaikan Tarif Tenaga Listrik. sumber: http://www.pln.co.id/?p=49

Hari ini saya akan berbagi tips dan trik buat Anda semua yang inginmenghemat pengeluaran bulanan untuk membayar tagihan PLN, walaupun dengan mengeluarkan uang untuk membeli peralatan hemat listik cukup mahal akan tetapi penghematan dan kualitas barang-baranghemat listrik akan mengembalikan investasi Anda untuk jangka panjang.

Tips dan trik saya agak berbeda dari yang biasanya.mungkin lebih update aja dari pada ini namun masih bisa diterapkan. ini tips dan trik saya.

1. Televisi Hemat Listrik

Lumahan mahal, LED 32 inch merk Samsung dengan terknologi LED terbaru seharga 2,9 jt namun pemakaian listrik cuman 55 watt, turunin brighness tentu akan lebih menurunkan komsumsi daya tv tabung 29 inch membutuhkan daya lebih dari 100w untuk beroperasi. Tips konyol: atau sekalian buang TVnya, acara tv sekarang ngak berkualitas, malahan ada tv berbayar tiap bulan (nonton kok bayar?) atau seperti saya pakai DLna bisa sharing hdd kom ke TV nonton pilem HD.

2. Lampu LED Hemat Listrik

Kini lampu LED arganya makin terjangkau. Sedikit share pengalaman saya cari2 LED murah : yang saya perhatikan di kaskus (diskon LED philips) saya sangat tertarik, mau pesan cuman tekor di ongkir, pas jalan di pasar di kampung saya ternyata ada yang jual dengan diskon yang lebih murah, langsung beli 2 ,tes di rumah cuman hidup sebentar, dibalikin ke toko lampunya hidup, dites dirumah lagi pada 3 soket yang berbeda masi ngak hidup, tanya seller kaskus n dia bilang bahwa LED philis harus stabil 220 V lalu saya cek tegangan rumah cuman 180v hiks maklum dikampung. Akhirnya saya tukar ke toko dengan LED hannocs dengan menjelaskan kondisi LED philips.

Bisa juga pakai photocell, biar lampu pada saat gelap atau malam otomatis hidup dan lampu mati saat terang (hemat buat Anda yang sering lupa mattin lampu, atau ninggalin rumah kosong agar tidak memancing maling dan kawan2

Ini dia cara tips ips pemakaian LED yang benar

  • Karena jika mahal belilah LED pas lampu biasa saya rusak, jadi tidak akan terlalu membebani keuangan
  • Gunakan LED pada tempat2 yang paling lama hidupnya, misalnya lampu luar rumah yang akan menyala sampai pagi tentu akan lebih hemat, awetnya akan lebih terasa
  • Ada juga jual fitting lampu sensor gerak, pas Anda masuk ruangan lampu otomatis akan hidup> cocok buat kamar mandi atau gudang (mahal n dikampung saya belum ada yang jual)

3. Komputer Hemat Listrik

Silahkan ganti PSU yang bersertifikasi GOLD keatas, makin tinggi makin efisien, jangan beli merk abal2. Monitor hemat, 24 inch komsumsi daya 18w. Monitor dengan sensor infra merah, akan mendeteksi keberadaan kita didepan minitor, minitor akan dim (seperti monitor laptop) dan mati kalau kita ngak duduk di depan monitor. Speaker 3 waat USB power.

4. Timer digital Hemat Listrik

Buat yang pake dispenser yang hidup 24 jam saya rekomendasikan pake alat ini. Coba Anda bayangkan dispenser yang hidup 24 jam panasin dan dinginin air dengan komsumsi daya 300 s/d 500w ! coba pakai timer digital dengan pengaturan begini
  • Set untuk hidup jam 5 pagi, buat kopi dan teh.sampai jam 8 malam buat susu anak
  • Pukul 8 malam sampai pkl 5 mati dispenser mati

5. Stavolt dan kapasitor untuk heamt Listrik 

Setelah saya ukur tegangan rumah pada saat malam cuman 180V, tentu saya butuh stavolt, dan kapasitor untuk mengurangi PCB jeglek atau jatuh pada saat tarikan pertama alat listrik seperti pompa air, mesin cuci, kulkas dlll. bukan buat hemat listrik, cuman untuk menjaga biar alat2 bekerja optimal dan panjang umur.

6 LAST YANG PALING PENTING!


  • Pas bangun rumah saya komplian sama ortu yang ngurus lisrik cuma dengan daya 900W, listrik sering jeglek.
  • dengan kondisi rumah 4 kamar tv2, pompa air, kulkas, strika, mesin cuci, dispenser yang haram hidup bersamaan. hiks
  • saya sempat tertarik tambah daya karena ada promo PLN dengan biaya gratis, tapi masi dilarang ortu.hmm.
  • saya selidik ternyata ortu saya ada benarnya juga, setelah baca berita kenaikan TDL tapi tidak untuk pelanggan 450w dan 900w saya bersyukur, lagian dengan kondisi daya pas2an saya dipaksa untuk berhemat kalo sebelumnya saya bayar listrik 100-120 ribuan, sodara saya lebih parah dengan kondisi rumah yang hampir sama bayar listrik sampai 400 ribuan (daya 1300w dan tidak disubsidi dan mengalami kenaikan)

7 Strika


Teman kos saya yg kerja kantoran ngak punya sterika, karena dia punya metode lebih gokil buat hemat listrik seperti gambar dibawah. dia ngak perlu strika baju dinas karena dengan menjemur dengan hanger pakaian ngak bakalan kusut, kalopun di strika ngak butuh waktu lama merapikan baju tersebut. update dari kaskuser:

sekalian aja ngak punya strika, atau cari baju atau celana yang kalo dicuci ngak mudah kusut atau sekalian kalo dirumah ngak pakai baju xD

8. Lampu

Saya rencana mau beli, harganya murah, lampu taman biasa saya tanya di toko di kampung 200 ribu, kalau pakai lampu taman tenaga surga Anda tidak perlu tambah biaya listrik, dan instalasi lebih mudah dan murah, tinggal tancap di tanah, ngak perlu gali tanah dan tanam kabel listrik mahal dan bahaya di dalam tanah, minusnya Anda perlu perawatan batrai yg gampang soak, tapi tidak perlu khawatir saya ada solusi lebih murah kok buatti baterai yang soak seperti lampu emergency dan lainnya, CEK THREAD saya DIBAWAH!

9:  buat yang pakai pompa air

saya sarankan pakai tandon air, dilengkapi dengan sensor ketinggian air tandon dan kran seleniod. pada pompa air tarikan awal akan memakai daya 2x dari daya yang tertera pada spek pompa, misalnya Anda pakai pompa 100w logikanya pada saat start akan memakai daya sekira 200w dengan jeda kira2 1 detik, (Anda bisa cek pada saat tarikan pertama dengan membuka kran sambil lihat meteran listrik, meteran akan berputar lebih cepat sesaat) hal itu juga yang menyebabkan voltase tidak stabil dan listrik jeglek apabila daya Anda 450w pakai pompa 300w sudah dipastikan listrik Anda akan jeglek pada saat pompa start apalagi kondisi Anda seperti ini :
-Anda buka kran kecil/sedikit > pompa akan hidup mati kerena pressure switch akan terus on/off
-Anda nyuci tangan di kran sebentar
-dirumah bnyk orang, kos2n, anak2

maka Anda wajib pakai alat2 di atas dengan cara kerja pompa akan mengisi air di tandon pada saat sensor apung tergantung (air sedikit) sensor bertindak sebagai saklar yang akan membuka kran selenoid, jika sensor mengapung keduanya (air penuh) maka dia akan off
keuntungannya: -listrik hemat -pompa sehat he -saat mati lampu Anda masi punya stok air setandon -buat yang nyedot air PDAM buat stok, tidak pada bak mandi bisa jadi sarang nyamuk

kran selenoid saya beli barang-barangbekas 20 ribu (bekas mesin cuci matik) kemarin saya lihat di toko spare part air galon ada yang jual, sensor air tandon juga di sana
skema:
  • pompa>pipa ke tandon>kran selenoid
  • kran selenoid punya 2 kabel untuk listrik 220v (apabila dialirin listrik kran akan terbuka) >sebagai saklar adalah sensor apung
  • sensor apung bisa sesuaikan dengan memperpanjang atau memperpendek tali apung2

10: AC butuh daya lebih besar

tips trik hemat AC

  1. AC teknologi terbaru, (saya lihat iklan ada AC yang bisa deteksi kbocoran kompesor) dan saya banyak perhatikan AC sudah lebih sepuluh tahun atau beli AC sekond, tanpa memperhitungkan kebutuhan daya AC tersebut
  2. AC Anda bocor, tidak dingin, lalu Anda tambah setingan diremote biar tambah dingin, alhasil pemakaian listrik besar (cek secara berkala kondisi AC Anda mulai dari kompresor sampai filter yang sudah kotor dan tersumbat
  3. Cek Voltase rumah Anda pakai multi tester, karena AC butuh tegangan yang stabil untuk beroperasi, jika voltase naik turun AC tidak dingin (solusinya pakai stavolt
  4. multi tester:

4 cek kondisi ruangan Anda, apakah ada kebocoran, seperti pintu atau ventilasi yang terbuka, atau terkena paparan sinar matahari (kasi gorden atau kanopi)
5. kalo Anda pakai lampu pada ruangan tersebut Anda pakai lampu LED, karena lampu biasa panas apalagi lampu pijar
6. turunkan suhu 1 atau 2 derajat coba cek tagihan listrik
7. buat rumah saya rasa Ventilasi yang bagus ngak perlu AC, soalnya udara bergerak, apalagi kalau kita punya plapon yang tinggi, soalnya tetangga saya modif rumah meninggikan atap dan plapon katanya supaya lebih adem

buat yang punya AC

dah 4 bulan menerapkan tips hemat saya rata2 bayar listrik ngak lebih dari 90 ribu!!! dan tagihan bulan september ne Rp.75.000
penerapannya santai aja, karena sebagian metode membutuhkan biaya lumayan mahal. butuh 2 tahun buat nyicil beli2 barang tsb, Anda coba dari yg termudah dan termurah dulu seperti metode no. 7, kalo tv mungkin Anda bisa tukar tambah atau disumbangkan ke pos kambling terdekat, itung2 beramal he.
garis besar kebutuhan saya listrik saya ::

-komp i5 vga amd 7750 (main game PB, jadi server Dlna buat putar pilem, lagu anak2)
-rumah 4 kamar, 3 kamar mandi
-mesin cuci otomatis, pompa sanyo
-strika (hampir tiap hari)
-tv 2, cas hp, lampu emergency dll

Sumber: Penyesuaian dari : http://www.kaskus.co.id/thread/5179de136112436e25000011/tips-terbaru-hemat-listrik-rp-78000-sebulan

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR