Cara Agar Lemari Es Kulkas Hemat Listrik

Tips membuat lemari es agar hemat listrik sudah banyak yang membahas. Namun untuk melengkapi aneka tips hemat listrik di blog ini, tidak ada salahnya jika Alamendah’s Blog ikut membagikan cara menghemat listrik pada lemari es. Inilah Cara Agar Lemari Es Kulkas Hemat Listrik.

Cara Agar Lemari Es Kulkas Hemat Listrik


Lemari es sudah menjadi salah satu perangkat elektronik yang hampir ada di setiap rumah tangga. Padahal, tidak bisa dipungkiri, lemari es merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang boros energi. Dengan waktu operasional 24 jam sehari dan 7 hari seminggu lemari es mengonsumsi energi listrik yang sangat besar. Meski saat ini mulai banyak produk lemari es yang lebih irit listrik.

Cara Agar Lemari Es Kulkas Hemat Listrik


Padahal listrik di Indonesia termasuk negera yang miskin listrik. Pemadaman bergilir yang acap terjadi membuktikan bahwa Indonesia kekurangan listrik. Indonesia juga masih menggantungkan energinya (termasuk listrik) pada sumber-sumber konvensional. 80 persen lebih sumber energi di Indonesia masih menggunakan sumber energi nonterbarukan, yakni berupa energi berbahan fosil yang tidak ramah lingkungan. Semakin banyak menggunakan energi berbahan fosil berarti semakin meningkatkan pencemaran dan pemanasan global. Jadi hemat listrik, salah satunya berhemat dengan menggunakan lemari es adalah sebuah langkah bijak.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipraktekkan dalam mengurangi konsumsi listrik yang diakibatkan oleh penggunaan lemari es.

  1. Tempatkan lemari es di tempat yang sejuk, tidak terkena sinar langsung matahari, dan jauhkan dari sumber panas lainnya, seperti kompor atau microwave. Di samping itu, beri jarak sekitar 15 cm dari dinding untuk memberi ruang agar udara panas bisa keluar.
  2. Jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari es dan terlalu lama membuka pintu lemari es.  Setiap pintu lemari es terbuka 30 detik, membutuhkan hingga 30 menit untuk mengembalikan suhu dalam lemari es seperti semua. Proses ini tentunya membutuhkan konsumsi listrik yang sangat besar.
  3. Jangan mengatur suhu dalam lemari es terlalu dingin. Idealnya adalah 2-4 derajat C untuk lemari pendingin dan -15 derajat Celcius untuk freezer. Semakin dingin setting temperatur kulkas, membuat kinerja kompresor semakin lama sehingga konsumsi listrik pun semakin besar.
  4. Jangan memasukkan makanan atau minuman panas dalam kulkas. Makanan panas akan meningkatkan suku dalam lemari es sehingga membutuhkan waktu untuk mengembalikan ke suhu semula.
  5. Isi lemari es sesuai dengan kapasitas. Isi yang melebihi kapasitas akan membuat sirkulasi udara dalam kulkas terganggu sehingga memperberat kinerja lemari es dan konsumsi listrik meningkat.
  6. Rawat lemari es dan pastikan komponennya berfungsi dengan normal. Termasuk pada seal atau karet pada pinggiran kulkas, ganti jika longgar. Seal yang tidak rapat membuat udara dingin terbuang keluar.
  7. Jangan biarkan lemari es kosong. Saat kosong, lemari es membutuhkan daya listrik yang lebih besar, sehingga maksimalkan lemari es, namun tak perlu berlebihan.
  8. Matikan kulkas jika meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Untuk menghindari jamur dan bau tidak sedap, buka pintu lemari es.
  9. Jika menggunakan lemari es produk lama yang boros energi, ganti dengan model baru yang lebih hemat energi. Biaya penggantian lemari es baru akan sebanding dengan penghematan konsumsi listrik.

Itulah beberapa Cara Agar Lemari Es Kuklkas Hemat Listrik. Berkurangnya konsumsi listrik berarti ikut membantu mengurangi beban PLN (sebagai penyedia listrik di Indonesia), meminimalisir dampak pemanasan global, dan tentunya menghemat anggaran tagihan listrik.

Cara Agar Lemari Es Kulkas Hemat Listrik sumber: http://alamendah.org/2014/07/21/tips-membuat-lemari-es-hemat-listrik/

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR