Bagaimana Cara Hemat Listrik Prabayar

Bagaimana Cara Hemat Listrik Prabayar. Listrik prabayar yang diperkenalkan PLN sejak beberapa tahun terakhir semakin mempunyai banyak “penggemar”. 

Kelebihan Manfaat Listrik Prabayar

Menggunakan listrik prabayar ini konon sangat  lebih menguntungkan pelanggan sebab dengan dapat diatur pemakaian listrik serta bisa menentukan  anggaran biaya listrik setiap bulannya.

Dengan berlangganan listrik prabayar maka pengguna bisa terbebas dari masalah kesalahan pencatatan penggunaan listrik. Pencatatan pemakaian listrik memang sering kali terjadi dan mendatangkan banyak masalah. Selain masalah sengketa pencataan listrik, dengan pemakaian listrik PLN pra bayar, maka pelanggan juga  terbebas dari sanksi pemutusan telat bayar listrik.


Sistem Alarm Otomatis Listrik Prabayar

Selain bertujuan untuk mengurangi kesalahan pembacaan meter yang salah oleh petugas PLN yagn serign dikeluhakan tersebut, PLN memastikan dengan listrik para bayar pelanggan tidak lagi  khawatir mati listrik mendadak saat aliran yang tertera di meter sudah habis. Hal tersebut karena adanya sistem alarm ootmatis. KWH Meter listrik pra bayar secara otomatis akan memberikan alarm (buzzer) jika jumlah kilowatt hour sudah mulai habis.

Bunyi buzzer ini disatu sisi berguna kepada pemilik rumah sebagai "war-ning" disatu sisi lagi juga dianggap mengganggu. Misalnya bila muncul suara buzzer cukup nyaring, bukan hanya mengganggu kita tetapi juga mengganggu tetangga. Sayangnya buzzer tidak akan berhenti kalau belum me-lakukan pengisian token atau pulsa. Karenanya, jangan sampai kehabisan pulsa.

Keuntungan lain, dengan menggunakan listrik prabayar pelanggan tidak dikenakan biaya abonemen lagi. Soal tarif, menurut PLN, sebenarnya tidak ada perbedaan tarif antara listrik pasca bayar dan prabayar. Bedanya jika menggunakan listrik prabayar itu tidak ada rekening mi-nimum sehingga kalau pemakaian rendah tidak kena rekening minimum.

Misalnya untuk daya 2.200 voltampere (VA), rekening minimumnya Rp 68 ribu. Jadi jika pelanggan pascabayar pemakaian listriknya di bawah Rp 68 ribu maka tetap kena tagihan rekening minimun Rp 68 ribu.

Sedangkan dengan listrik prabayar, bila pemakaian memang kecil maka tagih-an rekeningnya bisa kurang dari Rp 68 ribu. Bahkan bila  rumah ternyata kosong dan tidak pakai listrik sama sekali tidak usah bayar. Intinya, prabayar tidak menggunakan rekening minimum.

Apakah Listrik prabayar lebih mahal?

Listrik para bayar banyak dipertanyakan konsumen, apakah lebih mahal dari listrik pasca bayar? Dengan transisi teknologi yang tentu lebih memudahkan pelanggan apakah ada biaya yang diseratkan? Ada seorang konsumen listrik prabayar mengaku dikenakan biaya Rp20.000 untuk pemasangan alat listrik prabayar. Kemudian diganti dengan pulsa/token 33 kWh.

Pelanggan ini lalu membeli pulsa senilai Rp100 ribu melalui ATM. Nilai uang tersebut setara dengan 158 kWh setelah dipotong PPN dan administrasi bank senilai Rp5.000. Jadi biaya yang dikeluarkan  oleh pelanggan tersebut adalah sebesar Rp120.00 untuk 191 kWh dengan perhitungan 33 kWh + 158 kWh.

Mungkin jika dikomparasikan dengan simulasi tarif listrik pasca bayar di website PLN untuk pemakaian 191 kWh dengan golongan tarif rumah tangga dan batas daya 900 VA hanya membutuhkan biaya Rp105.145, itu pun sudah termasuk biaya beban.

Kasus lain yang pernah terjadi adalah adanya pelanggan yang hendak menambahkan daya listrik pada listrik prabayar yang harus mengeluarkan biaya ekstra. Mengganti sekering menjadi MCB  misalnya membutuhkan dana Rp 200 ribu. Kemudian Rp100 ribu digunakan ongkos pasang MCB plus mendapat pulsa awal Rp 20 ribu. 

Cara agar Tetap Hemat Listrik Prabayar


Adaalh pihak PLN sendiri tetap berpendirian jika tarif penggunaan listrik prabayar dan pasca bayar adalah sama. Akan tetapi apabila ada pelanggan prabayar yang tetap merasa lebih mahal membayar , maka hal itu karena dimungkinkan pemakaian yang berlebihan. Artinya bisa jadi pengguna merasa lebih mudah dengan segala kemajuan teknologi listrik prabayar maka melupakan perilaku hemat yang biasanya diterapkan ketika masih menggunakan listrik pasca bayar.

Padalah secara umum, penghematan dalam penggunaan listrik prabayar tidak jauh berbeda dengan penggunaan listrik pasca bayar. Berikut inilah beberapa tips bagaimana cara berhemat menggunakan listrik prabayar. 
  • Cek pemakaian KWH per hari, agar bisa memperkirakan kapan KWH habis agar listrik di rumah tidak padam gara-gara telat beli token/pulsa. Selain itu dengan mengecek KWH, juga akan diketahui dan diperkirakan berapa kebutuhan listrik per bulan dan langkah penghematannya.
  • Hindari penggunaan energi listrik pada waktu beban puncak (17.00 – 22.00), - Menyalakan alat listrik seperlunya dan bergantian serta - Permudah sinar matahari pagi dan sore memasuki ruangan.
  • Tetap gunakan lampu hemat energi dalam keseharian meskipun awalnya membeli lebih mahal.
  • Memilih elektronik di rumah tangga yang lebih hemat energi harus tetap dilakukan.  
  • Nyalakan televisi, radio dan tape recorder bila benar-benar ingin ditonton dan didengarkan dan segera matikan bila tidak digunakan. 
  • Begitu pula peralatan rumah tangga lain, terutama yang membutuhkan banyak energi sebut saja AC, magic com dan mesin cuci. 
Demikian tips Bagaimana Cara Hemat Listrik Prabayar

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR