7 cara hemat listrik

Mari terapkan penghematan abis-abisan dalam penggunaan sumber daya energi! Tahukah jika 98% dari sumber energi untuk listrik yang kita pakai dalam ektifitas sehari-hari tidak bisa diperbarui?

Untuk mencegah habisnya energi secara global, mari terapkan ‘diet’ dalam penggunaan sumber energi! Inilah 7 cara hemat listrik.

7 cara hemat listrik

  1. Cabutlah stop kontak. Bingung dengan tagihan listrik yang ‘menggila’? 
  2. Cobalah cek kebiasaan Anda menggunakan listrik. Misalnya saja, notebook selalu dalam posisi standby saat tidak digunakan, labih baik matikan dan cabut stop kontaknya. Sebab alat elektronik terus menyerap listrik jika stop kontak masih terhubung. 
  3. GunakanLampu hemat energi. Hitung ada berapa bohlam di rumah. Meskipun kecil, lampu mengonsumsi banyak energi karena jumlahnya banyak. Pilihan terbaik adalah menggunakan lampu hemat energi, seperti jenis compact fluorescent light bulbs (CFLs) atau cutting-edge light emitting diodes (LEDs). 
  4. Matikan listrik. ‘Dosa’ terbesar kebanyakan orang adalah meninggalkan ruangan dengan alat elektronik seperti AC dan lampu dalam keadaan masih menyala. CLEO ingatkan sekali lagi, jangan lupa MATIKAN alat elektronik saat tidak digunakan. Lengkapnya, lihat boks “8 Power-Drainer 
  5. Electronical Devices” untuk mengetahui alat elektronik apa saja yang ‘menyedot’ banyak energi. Self-laundry. Pakaian hanya 3 potong, lalu Anda menggunakan mesin cuci untuk mencucinya? No, no, no! 
  6. Energi yang digunakan mesin cuci untuk mencuci 3 potong atau 20 potong pakaian hampir sama, jadi lebih baik gunakan mesin cuci saat pakaian kotor benar-benar menumpuk. 
  7.  Tutup pintu. Saat AC dinyalakan, tutup pintu ruangan. Ruangan yang terlalu ‘lapang’ akan menyebabkan AC ‘bekerja keras’ mendinginkan seluruh ruangan, dengan demikian mengonsumsi lebih banyak energi.
Demikianlah 7 cara hemat listrik untuk kebaikan kita semua tentunya.

Popular posts from this blog

🔑 Membangun Fondasi Sukses Bisnis dengan Pelatihan dan Coaching OKR